Bisnis Go Online, Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan

Keberadaan teknologi yang semakin memudahkan tentu menjadi salah satu alasan untuk melakukan transformasi digital dengan Go Online. Di Indonesia sendiri, Garuda Indonesia dan PT Kereta Api Indonesia menjadi contoh suksesnya transformasi digital dengan memanfaatkan aplikasi. Untuk cerita keberhasilan tersebut, Anda bisa baca pada artikel:

3 Perusahaan Ini Raih Kesuksesan Berkat Membuat Aplikasi, Siapa Mereka?

Bisnis Go Online, Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan

Apakah transformasi digital hanya untuk perusahaan besar? Tentu saja tidak, buktinya beberapa tahun belakangan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) gencar mengajak UMKM untuk Go Online. Hasil yang diperoleh pun sangat memuaskan. Kominfo memiliki target UMKM yang online mencapai 8 juta hingga tahun 2020 mendatang. Hingga saat ini, sudah 4,6 juta dan 99% adalah usaha mikro.

Dengan beragam keuntungan yang diperoleh dengan ‘go online’, tentu banyak perusahaan dan pebisnis yang tertarik untuk melakukan perubahan ini. Dilansir dari laman Google Indonesia, inilah empat keuntungan yang akan Anda dapatkan:

  1. Kesempatan meraih pelanggan baik di regional maupun global hingga 6%
  2. ‘Go online’ mampu menaikkan keuntungan tahunan sampai sebesar 80%
  3. Dengan memanfaatkan internet, biaya marketing akan lebih murah
  4. Bisnis yang sepenuhnya online 150% lebih mungkin untuk meningkatkan lapangan pekerjaan

Bagaimana, tertarik?

Sebagai pemilik bisnis, kini saatnya bagi Anda untuk melakukan transformasi digital dengan Go Online. Niatan sudah ada tapi masih bingung harus memulainya dari mana? Mari simak 3 tips berikut ini.

1. Adaptasi dan Inovasi 

Bisnis Go Online, Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan (4)

Di era digital, laju informasi dan perubahan terjadi begitu cepat. Jika tidak senantiasa memerhatikan, tentu akan tertinggal begitu saja. Untuk itu, demi menyukseskan transformasi digital, perusahaanmu harus selalu beradaptasi dan berinovasi.

Cermatilah tren terkini. Jika relevan dengan perusahaanmu maka lakukan perubahan dengan memanfaatkannya. Dengan terus melakukan perubahan inilah perusahaanmu akan bisa bersaing dengan kompetitor dan memiliki nilai lebih (keunggulan) di mata konsumen.

2. Upgrade Sumber Daya Manusia

Perubahan untuk sukses tidak akan terjadi begitu saja tanpa peran  dari sumber daya manusia. Ya, teknologi saja tidak cukup, jika karyawan di perusahaan tidak turut meningkatkan kemampuannya.

Selain hardskill tentang bagaimana menggunakan teknologi, karyawan juga wajib dibekali pelatihan softskill agar semakin siap bekerja di masa depan. Softskill yang dimaksud bisa berupa pemecahan masalah yang kompleks, kreativitas,dan kritis.

[Baca Juga: Tidak Melulu Konsumen, Perhatikan Juga Internal Perusahaan dan Karyawanmu]

3. Bangun Perusahaan Berbasis Digital

Bisnis Go Online, Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan

Bisa dikatakan, inilah langkah nyata untuk ‘Go Online’. Bangunlah bisnis atau perusahaanmu dengan basis digital baik itu untuk internal atau eksternal. Di lingkungan internal, Anda bisa memanfaatkan sistem informasi untuk meninjau kinerja karyawan ataupun penjualan. Sementara itu untuk keperluan eksternal, Anda bisa memanfaatkan website atau aplikasi untuk branding, promosi hingga toko online.

[Baca Juga: Aplikasi Bikin Sukses? Coba Manfaatkan 5 Jenis Aplikasi Bisnis Ini]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *