Startup Wajib Belajar dari 3 CEO Perusahaan Kelas Dunia Ini

Butuh komitmen dan kerja keras untuk menjadi perusahaan kelas dunia. Tentu ini bukan hal yang mustahil bagi perusahaan rintisan atau yang lebih dikenal dengan startup, asalkan mau terus meng-upgrade produk dan Sumber Daya Manusia.

Anda pun bisa menjadikan perusahaan kelas dunia sebagai sumber belajar, motivasi, dan inspirasi. Seperti mempelajari bagaimana mereka memasarkan produk, keunggulan mereka dibanding kompetitor, meninjau bagaimana budaya kerja mereka hingga rahasia sukses dari CEO atau founder-nya.

Nah, kali ini kami akan berbagi tips sukses dari para petinggi perusahaan kelas dunia. Ini dia 3 tipsnya.

1. Drew Houston: Buat Sesuatu yang Dibutuhkan Orang

Startup Wajib Belajar dari 3 CEO Perusahaan Kelas Dunia Ini
Photo: www.businessinsider.sg

Ide bisa ditemukan dari mana saja. Hal itu pula yang dirasakan oleh Drew Houston, pendiri Dropbox. Ia menemukan ide untuk membuat Dropbox saat di perjalanan dan memerlukan media untuk menulis gagasan. Sayangnya, ia tidak membawa apa-apa baik kertas ataupun pulpen. Di situlah ia merasa bahwa hal tersebut tidak boleh terjadi lagi hingga ia pun ingin membuat sesuatu yang sederhana tapi bisa memudahkan orang untuk bekerja. Ya, itulah Dropbox, sebuah tempat penyimpanan di cloud.

Setelah melakukan analisis, Drew pun menemukan bahwa penyimpanan file di cloud adalah hal yang dibutuhkan orang tapi masih belum dimanfaatkan. Dropbox semakin sukses didukung oleh waktu yang tepat, yaitu saat trend migrasi dari netbook ke mobile phone.

 

2. Jeff Bezos: Fokus Pada Pelanggan

Startup Wajib Belajar dari 3 CEO Perusahaan Kelas Dunia Ini
Photo: fortune.com

“We see our customers as invited guest to a party, and we are the hosts. It’s our job every day to make every important aspect of the customer experience a little bit better.”

Kini Jeff Bezos, pendiri perusahaan ­e-commerce raksasa Amazon, menyandang predikat orang terkaya dunia. Meski ia harus merintis perusahaannya sendiri, jerih payahnya pun terbayarkan saat ini. Lantas, apa rahasianya ya?

Fokus pada pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan perusahaan kelas dunia Amazon. Sejak awal Jeff Bezos menyadari bahwa pelanggan adalah hal penting dalam bisnis online. Oleh karena itu, Amazon pun senantiasa dikembangkan dengan menambah fitur-fitur baru untuk membuat pelanggan mereka senang. Jika pelanggan senang, maka akan memengaruhi peningkatan penjualan perusahaan.

[Baca Juga: Perbaiki Sekarang, Jangan Sampai Konsumen Kabur Karena 6 Hal Ini]

 

3. Bill Gates: Terus Berinovasi

Startup Wajib Belajar dari 3 CEO Perusahaan Kelas Dunia Ini
Photo: fortune.com

Siapa yang tidak kenal Bill Gates? Dialah sosok dibalik kesuksesan Microsoft, perusahaan PC Software terbesar. Salah satu kunci sukses yang senantiasa dipegang oleh Bill Gates adalah inovasi.

Kebutuhan manusia akan selalu berubah setiap waktunya. Untuk itu, produk Microsoft pun harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut agar tetap relevan dengan konsumen. Ya, inilah arti penting inovasi agar perusahaan terus bertahan.

[Baca Juga: Bisnis Go Online, Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan]

Salah satu bentuk inovasi adalah bagaimana perusahaan menggunakan teknologi. Semakin lama, teknologi semakin berkembang. Bill Gates pun menyarankan agar generasi muda tidak malas untuk mempelajari dan memanfaatkan teknologi.

Teknologi IT seperti apa yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan perusahaan rintisan (startup)? Mari konsultasikan bersama tim kami di 0274-4363153 (WhatsApp) atau klik geekgarden.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *