Instagram untuk Bisnis, Maksimalkan dengan 4 Fitur Ini

Instagram menjadi salah satu media sosial favorit para pebisnis. Pasalnya, Instagram untuk bisnis bisa dimanfaatkan untuk branding, membangun brand awareness, berinteraksi dengan konsumen dan sebagainya.

Instagram untuk Bisnis, Maksimalkan dengan 4 Fitur Ini

Dengan banyaknya pengguna aktif, Indonesia masuk dalam lima besar negara yang paling banyak memiliki akun bisnis. Empat negara lainnya adalah Amerika Serikat, Inggris, Rusia, dan Brasil. Dilansir dari tekno.kompas.com, Amanda Kelso (Director of Community Instagram) mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekosistem bisnis digital via Instagram yang sangat subur. Akun-akun bisnis di Indonesia pun terbilang unik dan kreatif dalam berinteraksi dengan audiensnya. Contohnya adalah Instagram bisnis milik Indoestri dan Brodo yang sukses mengomunikasikan campaign mereka.

Kini, Instagram pun semakin dilengkapi dengan fitur-fitur yang menguntungkan para pebisnis. Nah dengan memaksimalkan fitur yang ada, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Berikut ini 4 fitur Instagram untuk bisnis yang wajib kamu gunakan.

[Baca Juga: Bisnis Go Online, Ini 3 Hal yang Harus Anda Lakukan]

1. Instagram Story

Instagram untuk Bisnis, Maksimalkan dengan 4 Fitur Ini (2)
Image: blog.bufferapp.com

Sejak diluncurkannya Instagram Story, para pelaku bisnis mulai berkreasi demi menghasilkan konten yang menarik dan apik. Pasalnya, dari sebuah survei diketahui bahwa 52% pengguna Instagram mengaku lebih tertarik pada sebuah brand atau bisnis setelah melihat konten Instagram Stories-nya.

Fakta lainnya diungkapkan oleh Webster bahwa Instagram Stories dikonsumsi 32% lebih cepat dibandingkan Feed. Stories pun mudah menarik perhatian pengguna karena formatnya vertikal dan memenuhi seluruh layar smartphone.

Bisa dikatakan fitur Instagram Story ini memang lebih unggul tapi kamu masih bisa memaksimalkannya lagi. Jangan puas karena Stories dilihat oleh banyak audiens, melainkan ajak juga mereka untuk berinteraksi denganmu. Caranya dengan membuat Stories yang memancing engagement misalnya dengan fitur Questions, Poll, dan Emoji Slider. Bisa juga dengan fitur ‘Swipe Up’ untuk mengarahkan audiens ke website atau link lainnya.

 2. IGTV

Instagram untuk Bisnis, Maksimalkan dengan 4 Fitur Ini
Image: www.cosmopolitan.com

Setelah Instagram Live, kini Instagram punya IGTV dimana kita bisa mengunggah video dengan durasi lebih panjang hingga 10 menit. Di fitur IGTV atau Instagram TV ini, mereka tetap mempertahankan mode video yang vertikal karena dinilai memudahkan pengguna untuk melihat video tanpa perlu memutar smartphone.

Selain untuk selebriti, pebisnis seperti kamu pun bisa menggunakan peluang yang ditawarkan IGTV ini untuk mempromosikan produk dengan cara yang berbeda dan gratis. Apalagi dengan klaim dari IGTV bahwa fitur ini akan memiliki satu miliar pengguna baru dimana bisa menjadi sasaranmu untuk mengenalkan bisnsimu.

Jika ingin menarik perhatian pengguna, kamu pun harus mencoba konten yang berbeda. Tidak melulu tentang produk bisnismu tapi cobalah melakukan pendekatan lain seperti storytelling atau berbagi pengetahuan yang relevan dengan bisnismu.

[Baca Juga: Startup Wajib Belajar dari 3 CEO Perusahaan Kelas Dunia Ini]

3. Promote

Instagram untuk Bisnis, Maksimalkan dengan 4 Fitur Ini

Sejak algoritma Instagram berubah, mendapatkan reach dan engagement tinggi dengan cara organik menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, para pelaku bisnis pun mengandalkan fitur Promote atau Instagram Ads untuk menjangkau target audiens yang lebih luas.

Iklan yang dibuat pun bisa disesuaikan dengan tujuanmu seperti apakah ingin mendapatkan kunjungan profil / website, awareness atau engagement. Agar iklan mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikanlah konten iklan serta opsi penargetannya.

4. Insight

Instagram untuk Bisnis, Maksimalkan dengan 4 Fitur Ini
Image: medium.com

Berbicara tentang strategi digital marketing haruslah berdasarkan data. Beruntung, Instagram untuk bisnis sudah dilengkapi dengan fitur Analytics secara gratis. Data dari Analytics inilah yang harus menjadi acuanmu untuk menjalankan promosi ataupun branding di Instagram.

Kamu bisa mengetahui respon followers Instagram terhadap konten yang disajikan. Jika hasilnya kurang memuaskan maka coba baca data Analytics dan lakukan perbaikan. Hal tersebut berlaku pula untuk Instagram Ads. Dengan memanfaatkan data Analytics yang sudah ada, iklanmu pun akan tertuju pada orang yang tepat.

***

Nah, itulah empat fitur Instagram untuk bisnis yang bisa kamu maksimalkan. Karena Instagram senantiasa melakukan pembaruan maka cobalah untuk selalu menyimak dan mempelajarinya. Namun, jika kamu merasa membangun bisnis di media sosial saja tidak cukup, cobalah untuk mengupgrade bisnismu dengan mempunyai website atau aplikasi sendiri. Dengan punya channel sendiri, tentu kamu bebas mengembangkannya sesuai kebutuhan bisnismu. Yuk konsultasikan di geekgarden.id atau WhatsApp 0274-4363153.

[Baca Juga:  Tidak Melulu Konsumen, Perhatikan Juga Internal Perusahaan dan Karyawanmu]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *