Pilih Web apa Mobile Apps?

Masih banyak diantara kita yang bingung saat ingin membuat aplikasi apakah memilih teknologi berbasis web atau berbasis mobile. Bahkan tidak hanya bingung namun tidak mengerti apa perbedaan dari kedua teknologi tersebut karena toh sama-sama dapat digunakan di gadget yang sama. Nah postingan kali ini, geek akan membahas singkat mengenai beberapa perbedaan dari teknologi web dan mobile apps supaya tidak salah memilih pada saat pengembangan.

1.Web selalu menggunakan browser

Hal yang paling menonjol dari web based technology adalah selalu menggunakan media browser untuk memview aplikasi. Tanpa browser, interface web tidak dapat digunakan karena salah satu bahasa pemrograman yang digunakan di dalam teknologi web adalah HTML (HyperText Markup Language). Sedangkan pada teknologi mobile untuk berinteraksi dengan aplikasi kita dapat langsung mengklik icon yang ada pada layar gadget setelah proses instalasi selesai tanpa perlu membuka browser. Perlu diketahui bahwa menggunakan aplikasi yang dioperasikan melalui browser ancamannya lebih besar dari pada yang tertanam (install) di local drive, hal ini karena teknologi web menyediakan ruang untuk memungkinkan kejahatan cyber seperti hijacking, malware, hacking, dan sebagainya karena penggunaan browser.

[Baca Juga: Ini Manfaat Company Profile Website untuk Perusahaan Anda]

2. Mobile hanya berjalan di platform OS mobile saja

Jika aplikasi dibangun dengan menggunakan teknologi berbasis web, maka aplikasi tersebut dapat digunakan pada pada platform OS manapun selama terinstal browser pada OS tersebut. Namun beda halnya dengan teknologi berbasis mobile, penggunaan aplikasi hanya sesuai dengan platform OS yang digunakan, misalnya dengan jika kita menggunakan HP berbasis android OS maka kita hanya bisa menginstall aplikasi yang support dengan platform android tersebut. pada poin ini teknologi web lebih memiliki peringkat flexibility lebih baik dari pada OS.

3. Web tidak dapat menyimpan data pada local drive

Keunggulan dari teknologi berbasis mobile adalah memungkinkan untuk menyimpan data pada local drive sehingga aplikasi tetap dapat digunakan tanpa terganggu oleh koneksi internet atau koneksi ke server. Beda halnya dengan web jika koneksi terganggu maka aplikasi sama sekali tidak dapat digunakan. Dalam hal ini teknologi berbasis mobile lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan web.

Nah itu adalah beberapa hal yang membedakan antara teknologi berbasis web dan mobile. Tentunya masih banyak perbedaan lain yang dapat di explore semoga teman-teman tidak salah memilih teknologi apa yang akan diimplementasikan nanti sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang powerfull dan tepat guna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *