#Tips&trik Berbisnis di era generasi milenial

Era jaman now hal yang tidak dapat dipungkiri lagi jika setiap aktivitas bisnis tidak terlepas dari internet. Hampir diseluruh dunia internet sudah menjadi kebutuhan pokok manusia untuk melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari bersosialisasi melalui media social, ngobrol dengan aplikasi chatting, bahkan ada yang berjualan mulai dari barang-barang sederhana hingga barang yang memiliki teknologi tinggi. Begitu hebatnya internet mempengaruhi kebutuhan manusia sehingga mampu menciptakan peradaban baru yang disebut dengan generasi milenial.

Melihat fenomena tersebut maka pelaku usaha harus jeli dan kreatif menciptakan strategi dalam berbisnis karena saat ini dan kedepan generasi milenial akan menjadi pasar sehingga jangan sampai salah membuat strategi. Berikut beberapa tips dan trik berbisnis diera generasi milenial jaman now:

[Baca Juga: Ini Manfaat Company Profile Website untuk Perusahaan Anda]

  1. Buat media online untuk memperkenalkan bisnis anda

Hal pertama dan utama menjalankan bisnis di era milenial adalah identitas digital usaha. Identitas ini dapat berupa mobile apps, website atau laman grup di media social. Perlu diketahui bahwa generasi milenial ketika ingin mencari sesuatu hal pertama yang dibuka adalah gadget dan langsung mencari dimesin pencari. Jika sebuah bisnis tidak memiliki identitas digital sebagai etalase untuk memperkenalkan bisnis tentu tidak akan dapat menggaet pasar dari generasi mileneal ini.

  1. Gunakan google business sebagai media informasi yang lebih detail.

Google sebagai salah satu raksasa mesin pencari di dunia saat ini mampu menggaet 90% penduduk bumi untuk menggunakan aplikasi yang mereka sediakan dari berbagai macam platform yang terintegrasi satu sama lain. Salah satu aplikasi yang sangat menunjang untuk aktivitas usaha adalah google business. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis hanya dengan mendaftarkan diri atau usaha ke akun google. Seperti halnya media online google business akan memberikan informasi yang lebih detail tentang usaha anda saat generasi mileneal mencari dari google search engine. Informasi yang dapat anda bagi melalui google bisnis berupa location, detail produk atau layanan, waktu pelayanan, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Pilih Web apa Mobile Apps?]

  1. Eksislah di media social

Salah satu langkah sukses yang perlu dilakukan pelaku usaha menghadapi pasar generasi mileneal adalah aktif menggunakan social media. Perlu diketahui hampir 98% penduduk bumi yang termasuk generasi milenial memiliki akun diberbagai platform media social karena media social berhasil menciptakan ruang baru untuk generasi ini berekspresi. Jadi untuk mendapatkan atensi bagi bisnis anda mulailah aktif bermain media social tentunya dengan strategi konten dan informasi yang menarik.

  1. Gunakan aplikasi CRM

Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu strategi untuk menjaga hubungan antara bisnis dan pelanggan. Menggunakan aplikasi CRM tentu akan sangat membantu pelaku usaha untuk menjaga relasi ke para pelanggan. Ada banyak aplikasi CRM yang bisa digunakan mulai dari yang gratis hingga berbayar. Namun jika ingin lebih powerfull aplikasi CRM dapat dikembangkan secara kustom sesuai dengan kebutuhan bisnis.

  1. Stategi SEO diutamakan

Traffic atau kepadatan kunjungan (viewer) ke laman media online adalah hal yang sangat penting saat berbisnis diera mileneal seperti sekarang ini. Untuk meningkatkan viewers media online perlu dilakukan sebuah strategi yang bisa disebut SEO (Seach Engine Optimation). Secara singkat SEO adalah sebuah strategi untuk menjadikan laman media online dapat terindex dihalaman-halaman utama mesin pencari, sehingga peluang untuk bisa mendapatkan atensi dari customer lebih besar. Detail strategi SEO akan coba penulis bahas pada artikel-artikel yang akan datang.

[Baca Juga: kenapa Perlu Buat Aplikasi Sendiri Untuk Bisnismu?]

  1. Buat apps yang memudahkan proses komunikasi, delivery layanan dan delivery informasi ke customer

Jika sudah mendapatkan customer dari generasi mileneal maka langkah berikutnya adalah dengan mengembangkan aplikasi yang lebih memudahkan untuk customer melakukan komunikasi, delivery layanan dan informasi. Melalui strategiini  perusahaan akan mendapatkan banyak benefit mulai dari database layanan hingga dapat melakukan analisa guna menentukan strategi usaha kedepan.

Nah sudah tahu kan pentingnya stategi bisnis untuk menghadapi gerasi mileneal, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi. Satu hal yang perlu di ingat bahwa gereasi milenial adalah masa depan yang tidak bisa terhindarkan, mulailah berbenah untuk kelanjutan bisnis yang lebih baik dimasa yang akan datang.

penulis: Tim kreatif Geekgarden Software House

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *