Keunggulan-memiliki-sistem-Enterprise-Resource-Planning-ERP

Apa itu ERP Enterprise Resource Planning?

Apa itu ERP Enterprise Resource Planning? Enterprise Resource Module atau yang biasa orang kenal dengan ERP banyak pengaplikapsianya oleh perusahaan besar dan terkenal. Karena kemudahannya dalam mengatur berbagai banyak data dalam jumlah besar dan integrasinya dengan sistem. Perusahaan dapat melakukan otomatisasi bisnis dari sistem erp suatu divisi ke divisi lainnya.

Mengenal apa itu ERP lebih dalam

Bayangkan jika anda memiliki perusahaan besar dan membawahi banyak karyawan. Management dengan banyak cabang yang berbeda maka akan sulit mengintegrasikan data oleh cabang satu dengan cabang lainnya untuk report ke kantor pusatnya. Dengan adanya ERP maka setiap divisi memiliki satu sistem dengan penampilan yang sama meskipun berbeda cabang.

Keuntungan memiliki sistem ERP

Pemilik bisnis yang telah menerapkan sistem ERP memiliki beberapa pandangan dan tujuan yang berbeda dalam mengadopsi sistem ERP. Antaranya adalah mengurangi dan mengefisiensikan biaya operasional, melakukan ekspansi bisnis,  dan meningkatkan performa bisnisnya. 

Mengurangi dan mengefisiensikan biaya operasional

Dengan mengadopsi sistem ERP dapat mengurangi biaya operasional dengan cara memotong proses bisnis yang lama dengan sistem otomatisasi sistem, selain itu otomatisasi sistem pun dapat membuat kerja menjadi lebih efisien dan meninggalkan cara manual sehingga mengurangi jumlah karyawan dalam menyelesaikan suatu tugas.

Melakukan ekspansi bisnis

Bagi perusahaan yang ingin melakukan ekspansi bisnis maka akan memerlukan sistem ERP untuk mengintegrasikan hasil laporan yang berbeda antara satu cabang dengan cabang lainnya. Bayangkan jika masih menggunakan sistem manual setiap cabang memiliki satu laporannya sendiri baik itu melalui dokumen word dan excel jika semua mensubmit laporannya maka kantor pusat yang akan kewalahan dengan banyaknya laporan

Meningkatkan performa bisnisnya

Dengan mengintegrasikan berbagai divisi dalam satu bisnis membuat komunikasi dan arahan menjadi mudah sehingga memudahkan perputaran proses bisnis, hasil akhirnya adalah meningkatkan 

Bidang industri yang menggunakan sistem ERP

Sistem ERP pengaplikasiannya oleh segala bidang dengan kerumitan yang tinggi, antaranya sebagai berikut :  

  • Manufaktur dan pabrik
  • Retail, supermarket, dan distributor
  • Pendidikan
  • Kesehatan, rumah sakit, dan klinik
  • Pemerintahan
  • Pertambangan
  • Perkebunan
  • Ekspor – Impor

Modul Pada ERP

Sistem erp terdiri dari beberapa modul tersendiri meskipun secara keseluruhan saling terintegrasi menjadi satu kesatuan, antaranya adalah modul :

Inventory (Inventaris)

Inventory membuat kontrol dan pemantauan barang menjadi mudah dalam melacak jumlah stok, tanggal barang masuk, lokasi barang. Modul inventory tidak hanya dapat memantau stok yang anda miliki namun juga untuk stok barang yang dalam perjalanan menuju gudang sehingga memudahkan anda mengatur proses perputaran barang anda di gudang. Modul ini sangat bermanfaat bagi anda agar stok persediaan selalu terjaga, tidak adanya barang busuk & defect, perputaran barang di gudang cepat

Purchasing (pembelian / pengadaan)

Modul purchasing membantu anda dalam memantau pembelian barang dengan mencatat nama vendor. Bahkan barang yang dalam tawaran beserta harganya kedalam database ERP. Kinerja dari vendor dengan melacak durasi barang yang diterima semenjak diterbitkannya PO. Hingga menerbitkan invoice (tagihan) secara tersistem sehingga mengurangi kemungkinan adanya penipuan. 

Modul production

Modul ini memfasilitasi perusahaan untuk dapat membuat perencanaan meliputi pembiayaan (costing), jadwal produksi (scheduling), volume produksi. Perencanaan yang baik menjadi kunci utama agar proses produksi dapat berjalan lancar.

Modul manufacturing (manufaktur)

Awal mula tujuan ERP diciptakan hanya terdiri dari modul manufacturing,. Modul manufaktur membantu pemilik bisnis merencanakan proses produksi dan memastikan segala kebutuhannya telah tercapai sesuai rencana agar dapat berjalan dengan baik. Modul manufacturing dapat memantau kesediaan bahan baku yang ada, kapasitas proses produksi mesin secara real time. Selain itu dapat memantau hasil dari proses produksi sehingga seluruh divisi dapat memahami dan mempersiapkan rencana untuk alur proses berikutnya.

Export (ekspor)

Sebagai proses akhir dari sistem manufacturing adalah dengan memfasilitasi perusahaan untuk dapat mengelola proses distribusi atau pengiriman barang. Modul ini dilengkapi dengan fitur tracking dan monitoring yang lebih memudahkan pihak yang ingin mengetahui posisi barang yang sudah di order pelanggan.

Customer Relation Management (Relasi pelanggan)

Modul customer relation management menyimpan data pelanggan beserta riwayat pembeliannya. Sehingga pemilik bisnis dapat memahami masing masing pelanggan. Selain itu terdapat fitur tracking pada tiap pelanggan sehingga anda dapat melacak komunikasi yang sedang berjalan sampai kendala yang ada dan tahap penyelesaian masalahnya. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan CRM untuk mengatur prospek yang masuk untuk diatur oleh divisi marketing sampai profiling pelanggan untuk dikelola oleh divisi customer service

HRD (Kepegawaian)

HRD mengatur segala bentuk kepegawaian di seluruh kantor anda baik secara jumlah tenaga kerja, jumlah kehadiran karyawan, pengaturan dan pemantauan jam kerja, sampai penggajiannya. Modul HRD sangat populer bagi seluruh perusahaan dan bahkan banyak perusahaan yang mengadopsi sistem ERP yang hanya menggunakan modul HRD saja dikarenakan kemudahannya dalam memangkas waktu proses penggajian dan pemantauan kinerja karyawannya

Stigma paling umum ERP hanya digunakan oleh perusahaan yang besar namun hal tersebut adalah salah, banyak perusahaan menengah yang mengadopsi ERP untuk memudahkan bisnisnya karena pada ERP tidak serta merta menjadikan seluruh module menjadi satu tetapi anda dapat mengadopsi beberapa module yang paling penting dan sesuai menurut bisnis anda

GES (Geek Enterprise System)

Geek enterprise system (GES) adalah sistem ERP terintegrasi yang dibangun dengan arsitektur modular menggunakan teknologi berbasis web dan apps android. GES telah memiliki seluruh varian modul tersebut sehingga GES merupakan solusi bagi anda yang ingin mengefisiensikan dan mempercepat proses bisnis.

Konsultasikan kebutuhan anda bersama kami untuk menentukan modul yang paling tepat untuk kebutuhan anda, gratis konsultasi bersama kami ahlinya yang telah membangun ratusan ERP bagi pelaku bisnis.

Baca juga artikel kami tentang: Kriteria Memilih Software House

Tinggalkan Balasan