Cara hitung pembuatan aplikasi

Cara Hitung Harga Pembuatan Aplikasi Android

Bagaimana Cara Menghitung Harga Jasa Pembuatan Aplikasi Berbasis Web, Android atau iOS?

Persiapan Pembuatan Aplikasi Web, Android atau iOS

Sebelum anda menghubungi Jasa Pembuatan Aplikasi hal utama yang perlu anda persiapkan adalah membuat dokumentasi terlebih dahulu. Jika masih bingung cara membuat dokumentasi untuk pembuatan aplikasi, berikut beberapa pilihan dokumentasi awal yang bisa anda buat :

  • Mendeskripsikan / menjelaskan alur bisnis anda secara rinci dan jelas apa saja yang menjadi kebutuhan. Isi penjelasan tersebut adalah yang akan anda sampaikan kepada Jasa Pembuatan Aplikasi agar alur jelas apa yang anda butuhkan, karena pihak pengembang aplikasi membangun sesuai dengan kebutuhan anda, istilah lain adalah mendigitalkan ide atau kebutuhan anda agar sesuai.
  • Membuat bagan / flowchart end to end dengan cara ini bisa membuat lebih mudah menjelaskan alur bersama, proses pembuatannya adalah dari start aplikasi hingga proses dan kembali lagi ke start. Jenis dokumentasi ini sebenarnya mudah jika anda sudah memahami alur aplikasi yang anda butuhkan, karena anda hanya perlu menggambarkan dalam bentuk bagan dan jika anda merasa masih ragu dengan apa yang anda buat maka anda bisa mengkonsultasikan bagan tersebut kepada kami.
  • Membuat Desain UI/UX, jika anda sudah faham dengan aplikasi yang anda butuhkan maka anda bisa langsung request desain kepada kami atau bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu. Desain ini sangat penting karena merupakan sebuah tampilan yang akan menjadi aplikasi baik aplikasi bersasis web, android atau iOS. Tentu jika anda sudah memahami kebutuhan apa saja pada aplikasi yang akan anda bangun.
  • Contoh Aplikasi Serupa, ini adalah hal yang paling sederhana karena untuk flow atau alur sudah tersedia dan hanya akan mengembangkan apa yang akan menjadi pembeda dari aplikasi tersebut dan apa yang perlu dihilangkan, namun yang perlu anda ketahui adalah perkiraan nilai harga aplikasi tersebut saat ini, istilah orang menyebutnya biaya anda untuk membeli mobil biasa dipakai untuk membeli mobil sport..

Proses Menghitung Biaya Pembuatan Aplikasi

Jika dokumentasi selesai dan cukup untuk pihak client dan developer proses selanjutnya adalah menghitung biaya pekerjaan untuk membangun aplikasi tersebut. Perhitungan akan dilakukan berdasarkan dokumentasi yang anda berikan. Misalnya dari dokumen yang anda berikan terdapat kebutuhan beberapa modul dan fitur-fitur pada aplikasi. Maka pihak developer akan menghitung sesuai dengan modul dan fitur tersebut.

Contoh yang bisa kami gambarkan adalah sebagai berikut :

Anda akan membuat aplikasi sejenis toko online untuk bisnis anda dengan berbasis website dan aplikasi android. Maka harga yang dihitung adalah semua fitur kebutuhan untuk toko online anda sesuai dokumentasi yang anda berikan. Jika menurut anda ada yang kurang dan perlu ditambahkan setelah kesepakatan dokumentasi awal, maka harus ada kesepakatan kembali dengan developernya atau istilahnya bisa dilakukan dengan tambah kurang pekerjaan.

Harga dan Waktu Pengerjaan Pembuatan Aplikasi

Saya akan memberikan contoh misal harga pembuatan toko online anda adalah Rp. 100.000.000,- dengan berbasis website dan aplikasi android. Waktu pengerjaannya adalah 3 bulan maka jika anda dan developer menyepakati pembayaran dengan jumlah 3 termin pembayarannya. Contoh hitungan detailnya adalah sebagai berikut :

  • Termin 1(Bulan Pertama) Dp 40% = Rp. 40.000.000,-
  • Termin 2 ( Bulan Kedua) 30% = Rp. 30.000.000,-
  • Termin 3 (Bulan Ketiga) 30% Setelah penyerahan atau upload ke Playstore = Rp. 30.000.000,-

Demikian gambaran untuk Harga Jasa Pembuatan Aplikasi baik berbasis Web, Android atau iOS tentu contoh harga diatas adalah pembuatan secara custom, jika anda merasa masih belum jelas anda bisa mengkonsultasikan kepada kami, karena kami memberikan layanan “gratis konsultasi” untuk semua kebutuhan IT pada calon klient kami.

Baca juga artikel kami tentang: Software House Indonesia

Tinggalkan Balasan