jasa_erp_software_jakarta

Jasa ERP Software Jakarta

Erp adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning atau yang lebih dikenal dengan sebutan (ERP) merupakan singkatan dari tiga elemen kata enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumber daya), planning (perencanaan).

Pengertian erp adalah aplikasi yang digunakan untuk mengintegrasikan berbagai informasi di dalam suatu perusahaan sehingga proses monitoring dapat berjalan lebih mudah, contoh erp di perusahaan berikut ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai penggunaan modul erp di perusahaan.

Accounting atau Akuntansi

Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk mengelola arus kas yang keluar dan masuk di dalam sebuah perusahaan.Dengan aplikasi ini, laporan keuangan perusahaan bisa dibuat cukup dengan beberapa kali klik.

Customer Relationship Management

Aplikasi ini akan membantu mengoptimalkan kinerja penjualan dengan layanan customer atau pelanggan yang lebih baik. Perusahaan dapat mengelola dan melacak informasi seperti riwayat panggilan, komunikasi, data transaksi, pertemuan, durasi kontrak, dan lain sebagainya.

Human Resource Management

Aplikasi HRM ini membantu meningkatkan efisiensi departemen SDM dalam perusahaan. Manajemen penggajian adalah salah satu bagian yang penting dari aplikasi ini karena berfungsi untuk mengelola gaji karyawan, pengembalian biaya, biaya perjalanan, dan lain sebagainya.

Sales

Aplikasi ini dapat membantu menangani kerja perusahaan seperti penawaran, pertanyaan penjualan, faktur, dan sales order. Integrasi aplikasi sales atau penjualan dan CRM akan mempercepat siklus penjualan dan memperoleh keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan.

Inventory

Aplikasi inventaris bermanfaat untuk membantu melacak dan mengelola barang inventaris perusahaan. Aplikasi inventaris juga akan lebih efektif ketika terintegrasi dengan modul pembelian. 

Purchasing 

Aplikasi ini mengelola proses yang berperan dalam pengadaan barang, termasuk daftar pemasok, analisis permintaan dan penawaran, goods receipts notes, purchase order dan pembaruan stok. Aplikasi ini dapat terintegrasi dengan aplikasi inventaris pada manajemen pengadaan stok agar fungsinya lebih optimal.

Manufacturing

Aplikasi manufacturing berfungsi untuk meningkatkan efisiensi proses manufaktur atau produksi dalam suatu perusahaan mulai dari perencanaan produk, pemantauan produksi harian, material routing, dan bills of materials. Penggunaan aplikasi tersebut tentunya tidak semuanya wajib digunakan di perusahaan karena sistem tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat erp

  1. Integrasi data keuangan : Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
  2. Standarisasi Proses Operasi : Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, efisiensi dan peningkatan kualitas produk.
  3. Standarisasi Data dan Informasi : Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda.
  4. Pengambilan keputusan menjadi efektif dan efisien : Menawarkan sistem terintegrasi dalam perusahaan, sehingga proses dan pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

pengertian erp menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut O’Leary (2000), ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah sistem berbasiskan komputer yang didesain untuk memproses transaksi-transaksi perusahaan dan memfasilitasi perencanaan yang terintegrasi dan real time, produksi, dan respon konsumen.
  1. Menurut Hau dan Kuzic (2010), ERP (Enterprise Resource Planning) adalah multi-modul, solusi aplikasi pengemasan bisnis yang memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan proses bisnis dan kinerja perusahaan, pendistribusian data umum, pengelolaan sumber daya serta menyediakan akses informasi secara aktual.
  1. Menurut O’Brien (2005:699), ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software lintas fungsi terpadu yang merekayasa ulang proses manufaktur, distribusi, keuangan, sumber daya manusia, dan proses bisnis lainnya dari suatu perusahaan untuk memperbaiki efisiensi, kelincahan, dan profitabilitasnya.
  1. Menurut Monk (2001:153), ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah sistem yang membantu untuk mengatur proses bisnis seperti marketing, produksi, pembelian, dan accounting dalam suatu kesatuan yang terintegrasi.

Konsep ERP

Konsep ERP adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan proses setiap lini dalam manajemen perusahaan secara transparansi dan memiliki akuntabilitas yang cukup tinggi. Untuk memasuki pasar internasional, ERP merupakan salah satu yang menjadi prasyarat dasar bagi perusahaan. ERP singkatan dari 3 elemen kata yaitu, Enterprise (perusahaan/organisasi), Resource (sumber daya), Planning (perencanaan), 3 kata ini mencerminkan sebuah konsep yang berujung kepada kata kerja, yaitu “planning” yang berarti bahwa ERP menekankan kepada aspek perencanaan.

Tinggalkan Balasan