https://miro.medium.com/fit/c/1838/551/1*xjpFWCxnaa3FSUHlvQGZvA.png

Mengenal apa itu lumen ? Bagian 1

Hallo geeker, bagaimana kabar geeker sekarang ? banyak cara kita lakukan untuk mengisi hari hari agar tetep produktif, salah satunnya mempelajari dan mengeksplore teknologi baru.

Jadi, artikel kali ini akan membahas tentang lumen framework dari Laravel. Well, anggap saja kalian udah tau apa itu framework Laravel. teknologi yang sering kita gunakan seperti NodeJS dengan ExpressJS, Flask, Ruby on Rails, dan masih banyak lagi yang nggak bisa saya sebutkan satu persatu.

Apa itu lumen ?

Lumen adalah open source PHP framework kecil yang cepat untuk membangun service API yang dapat berkolaborasi dengan library bawaan Laravel.

The stunningly fast micro-framework by Laravel.

Fitur apa saja sih ?

Dibawah ini beberepa sering kita pakai :

  1. Eloquent ORM
  2. Validation :
  3. Routing
  4. Testing
  5. Caching
  6. Middleware

Prepare instalasi Lumen

Lumen ini sudah didukung dengan virtual mesin Homestead. Apa itu Homestead ? nanti di artikel lain saya buatkan untuk membahas ini.

  • PHP >= 7.3 dengan beberapa extention seperti OpenSSL PHP Extension, PDO PHP Extension, Mbstring PHP Extension
  • dan Composer untuk memanagement depedencies kalian nantinya

Kamu juga membutuhkan penyimpanan basis data seperti MySQL atau basis data lain. Serta pastikan komputer kalian udah terinstall Composer ya…

Bikin project kecil

Nah, Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana instalasi lumen dan juga beberapa service agar kalian paham implement dari fitur – fitur Lumen.

Geekgarden adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan platform dan konsultan sistem informasi maupun konsultan aplikasi dengan harga jasa pembuatan sistem informasi yang lebih terjangkau dan standar biaya pembuatan aplikasi sesuai dengan kualitas.

Referensi

https://lumen.laravel.com/docs/7.x

One thought on “Mengenal apa itu lumen ? Bagian 1

Tinggalkan Balasan