stock-opname-untuk-efisiensi-bisnis

Stock Opname untuk Efisiensi Bisnis

Stock Opname untuk Efisiensi Bisnis Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Stock Opname Sebagai Pendukung Efisiensi Bisnis. Jika anda belum pernah mendengar kata stock opname, maka artikel ini akan memberikan penjelasannya, pertama yang akan kita mulai adalah dari pengertian stock opname. Baik mari kita langsung saja membahas Stock Opname Sebagai Pendukung Efisiensi Bisnis

Pengertian Stock Opname


Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang pada gudang sebelum barang keluar. Kegiatan ini memang cukup menyita waktu karena Anda akan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung. Selain itu, dalam melakukan perhitungan juga tidak boleh ada kesalahan atau ada yang terlewat, karena nantinya akan berpengaruh pada stok barang yang terjual.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu karena Anda akan benar-benar secara langsung memeriksa keadaan serta kondisi persediaan barang perusahaan Anda. Untuk mengatasi persoalan ini, perusahaan sudah harus mengatur waktu secara efisien ketika ingin melakukan stock opname. Karena membutuhkan waktu yang efisien, kini perhitungan persediaan barang sudah semakin mudah dengan menggunakan bar code. Bar Code dapat dengan mudah dan akurat membantu perusahaan untuk mengurangi kesalahan pencatatan dan perhitungan barang.

Cara melakukan Stock Opname untuk Efisiensi Bisnis

  1. Menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan tag atau stiker untuk memberi tanda stok yang telah terdata pada saat stock opname.
  2. Memberikan Instruksi orang gudang untuk merapikan stok dengan menatanya sesuai kode dan jenis barang, sehingga pada saat melakukan stock opname tidak terjadi kerancuan karena masalah lokasi barang yang tidak beraturan.
  3. Menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi stok gudang dengan barcode yang sesuai dengan program. Jadi setiap barang yang ada pada gudang harus ada kode barang. Ini untuk memudahkan tim penghitung pada saat proses stock opname.
  4. Menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan stiker dengan tulisan “TIDAK DIHITUNG”. Stiker ini nantinya untuk barang-barang yang tidak perlu dihitung pada saat stock opname.

Persiapan stock opname

Persiapan pelaksanaan stock opname ini biasanya pada H-1. Hal yang perlu dilakukan pada tahap ini, antara lain:

  1. Memanggil semua tim untuk melakukan briefing terkait pelaksanaan stock opname. Perlu dijelaskan mengenai tugas masing-masing orang yang akan terlibat dalam proses stock opname.
  2. Menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi inputan terkait mutasi barang sampai dengan jam tutup operasional pada H-1.
  3. Menginstruksikan bagian gudang untuk menghentikan mutasi barang terhitung sejak tutupnya jam operasional sampai dengan selesainya proses stock opname.

Pelaksanaan stock opname 

Hal yang harus dilakukan pada pelaksanaan stock opname adalah:

  1. Memastikan kembali bahwa semua transaksi terkait stok sudah ter-input semua ke program.
  2. Setelah semua stok sudah ter-input ke program, print semua stok dari program sebagai pedoman stok. Hasil print ini distribusikan kepada bagian accounting di masing-masing tim stock opname. Usahakan yang menerima hasil print bukanlah orang gudang, karena orang gudang tidak boleh tahu stok versi program pada saat melakukan penghitungan.
  3. Proses stock opname mulai berjalan, setiap stok yang sudah terhitung beri tag atau stiker agar tidak terjadi double
  4. Setiap lembar stok yang telah penuh isi dengan hasil opname lalu serahkan ke bagian tim input untuk mulai backup ke microsoft excel terlebih dahulu. Format microsoft excel  ini harus bisa menunjukkan perbandingan stok versi program dengan hasil stock opname, sehingga dapat terlihat stok mana saja yang terjadi selisih.
  5. Kemudian setelah proses stock opname selesai, selanjutnya adalah melakukan pengecekan ulang atas stok yang selisih. Apakah terjadi salah hitung atau memang terjadi selisih atas stok.
  6. Setelah semua proses selesai, maka hasil stock opname tersebut distribusikan ke bagian accounting untuk dilakukan adjustment stock atau penyesuaian persediaan ke program.

Bagaimana? cukup panjang dan merepotkan ya prosesnya?

Proses stock opname memang merepotkan dan menyita banyak waktu. Namun, hal tersebut harus dilakukan, untuk meminimalisir kesalahan dan kerugian. Mirip dengn pembuatan laporan keuangan yang cukup merepotkan.

Akan tetapi, hal ini perlu kamu lakukan, karena perusahaan yang baik biasanya memiliki laporan dan catatan keuangan yang baik. Atau dengan kata lain, pencatatan keuangan yang baik dapat berpengaruh pada kondisi perusahaan yang baik. 

Untuk melakukan yang tersebut menjadi lebih mudah, anda bisa menggunakan jasa kami sebagai Software Developer yang bisa membantu anda melakukan semua proses stock opname menjadi lebih mudah dan cepat.

efisieni stock opname

Dengan menggunakan Tekhnology dan sistem yang canggih, serta proses yang baik dan mudah dilakukan anda dapat menghemat waktu dan lebih efisien hingga memiliki data yang valid dan real. Anda juga dapat mengambil keputusan yang sangat baik untuk kemajuan bisnis anda.

Baca Juga Artikel Kami Tentang: Software House Indonesia

Tinggalkan Balasan