GeekGarden Software House

Tips Memilih Software House di Indonesia

Tips Memilih Software house bukan hanya pengalam dalam bekerja tetapi banyak aspek yang harus jadi perhatian. Karena salah satu bisnis yang populer di Indonesia semenjak memasuki era milenium di awal tahun 2000. Meningkatnya kebutuhan akan pengembangan software dua dekade ini menjadikan penyedia layanan ini semakin ramai tumbuh bak jamur musim hujan. Layanan pembuatan atau pengelolaan aplikasi dan sistem baik berskala kecil, sedang maupun besar banyak beroperasi di tanah air. Berdasarkan data publikasi beberapa media survey internet saat ini. Lebih dari 1000 perusahaan yang beroperasi dibidang jasa dan layanan pengembangan perangkat lunak (software) di Indonesia. 

Namun dengan meningkatnya pertumbuhan penyedia layanan tersebut ada permasalahan yaitu tingginya angka ketidakpuasan konsumen karena kegagalan pengembangan oleh Pihak Perusahaan Developer. Permasalahan ini tidak terlepas dari ketidak hati-hatian dalam memilih mitra Perusahaan Developer . Bukan hanya dari sisi nonteknis saja namun juga kemampuan teknis Developer tersebut dalam mengelola proyek pengembangan software. Bagaimana solusi untuk bisa menemukan mitra Perusahaan Developer yang benar-benar tepat, berikut tips dan trik yang dalam memilih software house.

Temukan Legalitas dalam Tips Memilih Software House

Sebuah Perusahaan Developer yang memiliki kriteria baik, tentu harus memiliki legalitas yang terpercaya. Dari atribut-atribut perusahaan, misalnya surat izin beroperasi dari pemerintah terkait, website resmi perusahaan, dan lain sebagainya. Jika sebuah software house tidak mampu menunjukan legalitas yang terpercaya dapat menjadi indikator awal ketidak profesionalan dari software house tersebut. 

MoU dan NDA Software House

Legalitas juga menjadi kunci penting dalam melakukan perikatan kerjasama. Konsumen bahwa mengerti jangan sampai melakukan kerjasama pengembangan software tanpa ada perjanjian atau MoU yang menjadi pegangan masing-masing pihak. Dari beberapa kasus kegagalan pengembangan terjadi karena tidak adanya perikatan kerjasama antara konsumen dan software house. Menyebabkan konsumen tidak bisa melakukan komplain ketika terjadi kesalahan atau lebih buruk lagi secara sepihak memutuskan kerjasama di tengah-tengah pengembangan. NDA (Non Disclosure Agreement) juga sering sekali terabaikan oleh konsumen. Padahal beberapa kasus yang menyebabkan ketidakpuasan konsumen karena pihak software house tidak bisa menjaga kerahasiaan data dan informasi penting konsumen. Sehingga perlu perhatian lebih dalam memilih mitra software house untuk selalu memberikan NDA sebelum proses pengembangan software berjalan.

Kemampuan Teknis

Tips untuk melihat kemampuan teknis dari software house dalam mengelola proyek pengembangan software dari beberapa hal yaitu:

Proposal teknis

Sebuah Perusahaan Developer yang baik ketika mendapatkan permintaan dari konsumen untuk melakukan pengembangan software, maka langkah pertama adalah dengan menterjemahkan kedalam proposal teknis. Kemampuan Perusahaan Developer dapat tergambar jelas di dalam proposal dalam mengelola isu-isu pengembangan mulai dari awal hingga akhir pengembangan. Tips dan trik untuk memahami permasalahan ini sangat mudah yaitu dari seberapa cakapnya software house tersebut menjelaskan permasalahan teknis dengan bahasa yang sederhana dan mudah. Apabila ada proposal teknis yang sulit untuk dipahami dan menggunakan gaya bahasa yang sangat teknis sekali itu menunjukan bahwa Perusahaan Developer itu sendiri kurang bisa menerjemahkan keinginan konsumen. Membangun software adalah pekerjaan yang membutuhkan kesederhanaan berpikir karena tidak semua konsumen paham dan mengerti istilah-istilah teknis yang membingungkan.

Penyusunan jadwal kerja

Poin utama dalam menyusun jadwal kerja adalah konsumen menjadi paham alokasi waktu dan progres pekerjaan. Sebuah jadwal kerja yang baik tentu berdasarkan estimasi waktu oleh pihak konsumen bukan berdasarkan keinginan Perusahaan Developer , dan secara berkala. apakah perhari, perminggu, atau perbulan progres pekerjaan dapat berjalan dengan baik. Dari sisi konsumen tentu tidak perlu secara detail mengetahui apa-apa saja kegiatan pengembangan karena akan membingungkan. Paling penting di setiap poin-poin pengembangan tergambar dengan jelas aktivitas dan alokasi waktu.

Metode pengembangan Tips Memilih Software house

Hal yang sering sekali terabaikan oleh pihak software house adalah tidak menjelaskan metode pengembangan kepada konsumen dengan baik. Sebagian besar kasus kegagalan pengembangan penyebabnya adalah tidak terimplementasikannya metode pekerjaan yang sesuai dengan isu-isu oleh konsumen. Setiap metode pengembangan tersusun berdasarkan pada kondisi isu oleh konsumen, misalnya untuk pengembangan yang alokasi waktunya sedikit harus menggunakan metode pengembangan yang sesuai. Atau dengan contoh lain apabila dari konsumen memiliki tingkat pemahaman tentang software masih sangat awam maka perlu implementasikan metode pengembangan yang lebih mengakomodir kondisi dari konsumen tersebut.

Sekian banyak perusahaan penyedia jasa pengembangan software, Geekgarden software house adalah salah satu penyedia jasa yang memiliki kriteria sangat baik dalam memberikan pelayanan. Dengan aspek administrasi dan legalitas perusahaan terpercaya serta personil teknis yang berpengalaman Geekgarden telah menjadi mitra terpercaya lebih dari 140 perusahaan baik dalam maupun luar negeri. Selain sebagai penyedia jasa layanan pengembangan software, saat ini Geekgarden tengah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk ikut memajukan industri IT di Indonesia dari sisi pengembangan SDM dan pengembangan sistem yang mengarah pada isu-isu lingkungan. Dengan inovasi dan pengalaman yang mumpuni, Geekgarden dapat menjadi salah satu penyedia jasa layanan pengembangan software yang tidak hanya bisa memberikan layanan pada pasar lokal di Indonesia namun juga bisa menjadi salah satu perusahaan yang mampu bersaing di kanca internasional dengan visi dan misi yang terus membawa nilai-nilai kelokalan dan budaya Indonesia.

Baca Juga Artikel Kami tentang Software House Indonesia

Tinggalkan Balasan