Tujuh langkah upload aplikasi Di Playstore

Tujuh langkah upload aplikasi Di Playstore

Langkah upload aplikasi Di Playstore khusus untuk yang menggunakan android. Setelah pembahasan pada artikel sebelumnya terkait pembuatan aplikasi android & Ios maka langkah berikutnya adalah menguploadnya ke Playstore untuk android user. Semua orang ingin aplikasi untuk dapat terjangkau kalangan secara luas. Maka Playstore adalah platform paling utama untuk menguploadnya. Platform yang tersediakan oleh Goggle selaku developer android ini memiliki potensi yang baik agar mencapai perangkat pengguna. Pada tahun 2020 sendiri Playstore menyatakan bahwa terdapat 2,8 juta dengan 3739 aplikasi terdownload setiap harinya Data diambil dari AppInventiv

Sekarang pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana aplikasi hebat anda bisa mencapai playstore tersebut. Pada artikel ini akan kita bahas tuntas terkait cara mengupload aplikasi android ke playstore.

Langkah upload aplikasi ke playstore.

Saatnya anda mengikuti seluruh langkah ini secara berurutan. Pastikan bahwa anda tidak melakukan kesalahan di setiap prosesnya agar dapat di proses verifikasi oleh Goggle berikut langkah upload aplikasi Di Playstore

Instal google play developer console

Instal terlebih dahulu google play console terlebih dahulu disini. Pastikan anda menggunakan email profesional dan pisahkan dengan email pribadi anda karena kedepannya anda akan menerima banyak laporan dari playstore.

google play developer upload aplikasi

Setelahnya anda akan melakukan pembayaran sebesar $25 untuk membuka akun. Pembayaran tersebut hanya sekali seumur hidup jadi hal tersebut merupakan investasi jangka panjang jika anda memang ingin menerbitkan banyak aplikasi.

Setelah itu anda akan mengisi data pribadi layaknya pembukaan akun pada umumnya terkait nama, negara, dan nomor telefon.

Hubungkan dengan akun Google Wallet Merchant

Jika aplikasi yang anda upload memiliki fitur transaksi di dalam aplikasi atau pembayaran untuk mengunduh aplikasi maka anda perlu memiliki Google Wallet Merchant. Untuk membuatnya anda dapat ke bagian “Reports” di Google play console lalu ke pilihan “Financial Reports”. Terakhir pilih opsi “Set up merchant account now” dan isi detail terkait data rekening yang kalian tuju.

google wallet merchant Di Playstore

Upload aplikasi

Gunakan tombol create application yang bisa anda temukan di dalam kategori “All application”. Anda bisa temukan tombol tersebut di pojok kanan atas. Setelah itu anda bisa memasukkan data default language agar memudahkan pencarian merekomendasikan aplikasi anda ke pengguna yang tepat berdasarkan region dan bahasa. Paling terakhir adalah memasukkan judul aplikasi beserta deskripsi informasi aplikasi anda.

Isi data App release

Setelah selesai proses upload maka anda perlu menginformasikan apakah jenis aplikasi anda. Anda perlu mengisi formulir yang tersedia dari nama aplikasi (maksimal 50 karakter) sampai isi deskripsi (maksimal 4000 karakter). Pastikan anda memasukan seluruh kata kunci penting untuk meningkatkan visibilitas sehingga terjangkau banyak orang.

app release Di Playstore

Isi data konten rating

Konten rating merupakan fitur penilaian yang ada pada aplikasi anda. Sebelum bisa menerbitkan anda perlu memberikannya agar tidak hilang secara otomatis oleh google. Untuk menyelesaikan langkah konten rating anda dapat ke page “Content rating” lalu pilih continue. Anda akan mengisi kuesioner yang berhubungan dengan aplikasi anda lalu submit dengan memilih “save questionnaire”.

rating upload aplikasi Di Playstore

Mengisi data harga

Jika anda akan memberikan sejumlah biaya untuk mendownload aplikasi anda maka anda perlu mengisinya. Jika tidak maka google akan menganggap bahwa aplikasi anda gratis untuk seluruh kalangan. 

Selain itu anda perlu menentukan siapa saja yang dapat mendownload aplikasi anda. Anda bisa menentukan negara negara yang dapat mengunduh sampai batasan umur minimal agar aplikasi anda tidak penyalahgunaan yang memungkinkan merusak reputasi aplikasi.

Publish aplikasi

Seluruh data yang terinput masih hanya tersimpan pada internal anda, pastikan anda publish agar bisa tayang pada playstore. Langkah langkah publishnya dengan cara :

  • Menuju kolom “all application”.
  • Pilih “app release”.
  • Review secara singkat seluruh isi aplikasi anda beserta deskripsi dan metode pembayarannya.
  • Pilih “start rollout to production” untuk menerbitkannya di Playstore.
  • Selamat aplikasi anda dapat dijangkau oleh banyak pengguna playstore.

Namun perjuangan anda belum selesai sampai aplikasi terupload saja. Tujuan anda berikutnya adalah bagaimana mendatangkan user agar tertarik menggunakan aplikasi anda. Pencapaian terbaik anda adalah jika aplikasi anda direkomendasi playstore melalui “featured app” atau bahkan best app pada tahun tertentu di kategorinya.

Apa yang dilakukan ketika telah upload aplikasi di Playstore?

Anda perlu memikirkan berbagai cara agar calon pengguna tertarik untuk menggunakan aplikasi anda dengan cara

Press release

Anda bisa umumkan melalui berbagai channel marketing untuk mengumumkan kapan aplikasi anda akan rilis. Hal ini banyak dilakukan jika anda perusahaan besar dan telah memiliki banyak user setia yang akan mendownload aplikasi. Contoh paling terkini adalah ketika launching digital Bank Jago dalam melakukan penetrasi pasar. Sebelum menerbitkan aplikasi mereka memberikan publikasi bahwa terdapat digital banking sebagai penantang digital banking terpopuler pada masanya yaitu Genius milik BTPN. Hasilnya cara tersebut sukses merebut pengguna Genius beralih menggunakan digital banking Bank Jago.

Promosikan di sosial media

Cara termudah dan banyak digunakan oleh berbagai macam pemilik aplikasi dikarenakan media yang gratis dengan dampak yang sangat tinggi. Anda dapat mempromosikan di sosial media anda maupun sosial media bisnis beserta hashtag yang sesuai agar dapat menjangkau user yang tepat. Dengan menggunakan hashtag maka postingan anda dapat mencapai user yang tertarik sesuai dengan algoritma sosial media masing masing

Memaksimalkan App Store Optimization

Tahukah anda bahwa developer yang baik dapat memaksimalkan App Store Optimization. Seperti halnya Search Engine Optimization maka App Store Optimization adalah praktik agar meningkatkan visibilitas aplikasi anda dengan kata kunci beserta tag yang populer agar dapat menjangkau reach semaksimal mungkin.

Bagaimana jika saya tidak bisa membuat aplikasi android?

Jika anda memiliki ketertarikan yang tinggi dalam memiliki aplikasi android maka anda bisa berdiskusi dengan kami karena Geekgarden merupakan developer terpercaya dalam membuat aplikasi dengan berbagai platform. Konsultasikan kebutuhan anda bersama kami karena kami akan memberikan konsultasi gratis terkait solusi aplikasi yang tepat buat anda kunjungi GeekGarden

Baca juga artikel kami tentang: Jasa pembuatan sistem informasi perusahaan

Tinggalkan Balasan